Rss Feed

Buku Dikembalikan Setelah Dicuri 145 Tahun Lalu

Perpustakaan Washington and Lee University merilis foto buku "History of the War in the Peninsula and in the South of France From the Year 1807 to the Year 1814" yang dikembalikan setelah 145 tahun dicuri/AP


VIRGINIA - Buku yang telah dicuri 145 tahun lalu, dikembalikan ke pemiliknya, perpustakaan Washington and Lee University di Lexington, Virginia, Amerika Serikat, oleh rekan dari keturunan pelaku pencurian.

Pejabat universitas seperti dikutip Telegraph.uk, Kamis (16/4/2009) menyatakan, seorang tentara bernama CS Gates mengambil buku berjudul "History of the War in the Peninsula and in the South of France From the Year 1807 to the Year 1814" itu pada 11 Juni 1864 di perpustakaan yang saat itu bernama Washington College.

Pencurian terjadi saat tentara Jenderal David Hunter dari pasukan West Virginia menyerang area univresitas itu serta merampas bangunan universitas.

Dalam catatannya Gates menuliskan, "Buku ini diambil dari institusi militer Lexington Virginia pada Juni 1864 saat Jenderal Hunter melakukan penyerangan ke Lynchburg". Universitas kemudian itu dibakar atas perintah Hunter.

Buku ber-cover gambar perang antara Spanyol dan sekutunya melawan Prancis saat perang di Peninsula itu, kemudian dirawat oleh keturunan Gates.

Terakhir buku itu berada di tangan Mike Dau, warga Illinois yang menerima buku itu dari rekannya bernama Myron. Dau meyakini bahwa Gates memiliki hubungan erat dengan Myron.

"Saya bermaksud mengembalikan buku ini sejak beberapa tahun lalu. Saya memutuskan mengembalikannya kepada sang pemilik," kata Dau.

Februari lalu. Dau mengembalikan buku itu dalam kondisi yang masih baik kecuali jilidan buku yang sudah hilang. Dau juga menyatakan senang bisa terbebas dari ancaman denda.(ton)

0 comments:

Post a Comment

:: About Me ::

My photo
cilegon.serang, banten, Indonesia
:: SITOY :: is my Nick Name. I am a sloppy woman, does not mean weak. I am choosy , not like in the order. like drawing , playing the internet , dinner , like touring , like eating chocolate, I love eating "chicken noodles" , I like surprises , I like the adventurous. I do not like to read , I hate snakes , furry animals and splitting. I like a small child. I love my little brother and my boyfriend. I love to play with my friends.

:: My Friend ::