Rss Feed

Trik Menghindari Penculikan Anak

Penculikan anak di Ibu Kota semakin marak. Para Orang Tua diharapkan dapat semakin waspada dan jangan lengah terhadap sejumlah tipu daya para penculik.

Untuk menghindarinya, ada baiknya Anda mengintip trik berikut seperti dilansir Puskominfo Bidang Humas Polda Metro Jaya, Senin (20/4/2009):

  1. Ingatkan anak agar jangan mengikuti ajakan orang tidak dikenal, meskipun ada iming-iming yang menarik.
  2. Bagi Anda yang memiliki anak balita, sebaiknya selalu ditemani selama perjalanan berangkat atau pulang sekolah. Sedangkan ketika bermain di luar rumah, anak tersebut sebaiknya juga didampingi orang yang kita percaya.
  3. Waspada terhadap orang-orang yang pernah bekerja di rumah, seperti pembantu, sopir, mantan pembantu, atau mantan sopir. Ada baiknya jika Anda mengetahui latar belakang mereka. Kkarena bisa jadi, orang-orang itu menjadi kaki tangan penculik.
  4. Jangan memberi kesempatan kepada orang asing untuk sering datang ke rumah, seperti pacar pembantu.
  5. Saat berpergian, anak Anda jangan mengenakan perhiasan atau membawa barang mahal.
  6. Jalin komunikasi yang baik dengan anak.
  7. Jalin komunikasi dengan pihak sekolah. Orang tua juga harus mengetahui secara persis jam belajar sekolah, dengan siapa anak berangkat, dan pulang sekolah. Sedangkan pihak sekolah, juga perlu memastikan anak dijemput orang yang memang ditugasi orangtua.
  8. Bila menggunakan jasa angkutan antar-jemput sekolah, orang tua harus tahu dengan pasti siapa pengemudi kendaraan tersebut. Orang tua harus bertanya jika ada orang lain (selain pengemudi tetap) yang mengemudikan kendaraan itu.
  9. Pihak sekolah harus bersikap tegas dan bertanggung jawab terhadap anak didiknya selama berada di sekolah. Termasuk memerhatikan orang yang biasa mengantar jemput anak-anak.
  10. Untuk anak yang menggunakan kendaraan umum, orang tua harus mengajarkan anak untuk pergi dan pulang sekolah secara berkelompok. Dengan demikian, ketika ada salah satu anak yang menghilang bisa terdeteksi secara dini.
  11. Jika ada seseorang yang memaksa anak untuk ikut, ajarkan anak Anda harus mencari tempat persinggahan yang aman seperti rumah penduduk.
  12. Orang tua harus berani melaporkan kepada polisi jika ada penculikan meskipun ada ancaman. Namun, sebaiknya laporan itu dilakukan secara diam-diam.
  13. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam rangka ikut mengamati dan mengawasi lingkungan. Masyarakat sebaiknya bersedia menjadi tempat singgah bagi anak-anak yang merasa terancam (diikuti orang).

0 comments:

Post a Comment

:: About Me ::

My photo
cilegon.serang, banten, Indonesia
:: SITOY :: is my Nick Name. I am a sloppy woman, does not mean weak. I am choosy , not like in the order. like drawing , playing the internet , dinner , like touring , like eating chocolate, I love eating "chicken noodles" , I like surprises , I like the adventurous. I do not like to read , I hate snakes , furry animals and splitting. I like a small child. I love my little brother and my boyfriend. I love to play with my friends.

:: My Friend ::