Rss Feed

ORGANISASI [[ dalam Manajemen ]]

Pengertian Secara Etimologi :

  • to organize = menyusun bagian-bagian yang terpisah-pisah menjadi suatu kesatuan sehingga dapat dipergunakan untuk melakukan pekerjaan dalam mencapai tujuan.
  • Organizing dari kata organism artinya menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang diintegrasikan sehingga mampunyuai hubungan saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya
  • Organisasi = hasil dari pengorganisasian;
  • Pengorganisasian = penyusunan tugas kerja dan tanggung jawab;
  • Mengorganisasi = menghimpun beberapa orang untuk bersama-sama melakukan pekerjaan guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Definisi Organisasi adalah :

1) William H. Newman

Mengorganisasi adalah menggolong-golongkan kegiatan-kegiatan yang perlu untuk melaksanakan rencana-rencana dalam kesatuan-kesatuan administrasi dan menentukan hubungan-hubungan antara pemimpin-pemimpin dan pegawai-pegawai dalam kesatuan-kesatuan kerja.

2) Prof. Dr. Sondang Siagian

Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk sesuatu tujuan bersama dan terikat secara formal dalam persekutuan mana selalu terdapat hubungan antara: seorang/sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang/sekelompok orang lain yang disebut bawahan.

3) James D. Mooney :

Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

4) Chester I. Barnard :

Organisasi adalah suatu sistem dari aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Suatu sistem kegiatan kerjasama yang dikoordinasikan dengan sadar.

5) George. R. Terry :

Organisasi adalah mengalokasikan seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan antara kelompok kerja dan menetapkan wewenang relatif serta tanggung jawab masing-masing individu yang bertanggung jawab untuk setiap komponen kerja dan menyediakan lingkungan kerja yang tepat dan sesuai.

Fungsi Organisasi :

  1. Mengatur kerja dan kerjasama yang sebaik-baiknya,
  2. Mencegah keterlambatan dan kesulitan kerja,
  3. Mencegah kesimpangsiruran kerja,
  4. Menentukan pedoman-pedoman kerja.

2 comments:

cepeng gembel said...

oi oi..thx udah di jadi follower..hehe..
terus ngeblog toy! :)

cepeng gembel said...

ehh gue udah ngomen belum??
hhehe...
yah pokoknya mah thx udah nge follow blog gue toy..
terus ngeblog!! /:)

Post a Comment

:: About Me ::

My photo
cilegon.serang, banten, Indonesia
:: SITOY :: is my Nick Name. I am a sloppy woman, does not mean weak. I am choosy , not like in the order. like drawing , playing the internet , dinner , like touring , like eating chocolate, I love eating "chicken noodles" , I like surprises , I like the adventurous. I do not like to read , I hate snakes , furry animals and splitting. I like a small child. I love my little brother and my boyfriend. I love to play with my friends.

:: My Friend ::